Nasib dunia pendidikan indonesia

Jakarta - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tingkat SMP Negeri se DKI Jakarta sudah dibuka sejak Senin (27/6) lalu. Pendaftaran dibuka sampai Kamis (30/6) pukul 12.00 WIB.

"Jadi sudah kita buka sejak kemarin, sampai Kamis nanti. Dan hari itu juga pukul 15.00 WIB langsung diumumkan siswa yang lolos masuk SMP Negeri," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, saat jumpa pers di Gedung Balaikota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (28/6/2011) sore.

Taufik mengatakan, tahun ajaran ini tersedia 64.387 bangku untuk siswa SMP yang ingin melanjut ke sekolah negeri, dimana lima persennya akan menampung kuota dari luar Jakarta. Dengan rincian kuota untuk peserta didik DKI Jakarta sebanyak 61.411 siswa dan untuk luar DKI yakni 3.093 siswa.

"Tapi sampai saat ini, jumlah yang mendaftar sudah melebihi target yakni 165 ribu siswa dari DKI dan 21.983 siswa dari luar DKI. Sehingga dipastikan untuk PPDB tingkat SMP tidak akan ada bangku kosong," katanya.

Untuk penerimaan siswa SMP ini akan dibuka dua tahapan. Namun, Taufik memastikan tidak akan sampai tahap ketiga seperti pada penerimaan siswa SD.

"Kemungkinan tidak akan ada tahap ketiga seperti PPDB SD, karena banyak yang telah mendaftar," imbuhnya.

Bagi siswa yang lulus tahap pertama dipersilakan melaporkan diri pada tanggal 1-2 Juli. Jika tidak segera melaporkan diri pada waktu tersebut, maka data siswa peserta didik akan terblock secara otomatis.

"Jika peserta didik tidak melaporkan kalau dia lulus, maka akan ter-block secara otomatis dan tidak bisa kembali mendaftar pada tahap berikutnya," jelas Taufik.

Selain memberikan kesempatan pada siswa yang ada di daerah untuk bersekolah di Jakarta, PPDB kali ini, juga memberikan kuota untuk calon peserta didik berprestasi sebanyak lima persen dari daya tampung tahap pertama. Tidak hanya itu PPDB juga memberikan kesempatan untuk siswa yang berasal dari sekolah Inklusi (berkebutuhan khusus).

Taufik menambahkan, PPDB SMP tahap pertama ini juga berbarengan dengan pelaksanaan PPDB SD tahap ketiga, dan PPDB SMA dan SMK tahap pertama. Kuota yang tersedia untuk tingkat SMA sebanyak 27.737 bangku dan 11.018 bangku untuk SMK.

"Pelaksanaan PPDB secara bersamaan ini sangat langka. Semuanya serentak dilakukan pada minggu ini," jelas Taufik.

Sobat perlu baca yang ini juga:

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan !!!