menemukan kode tertentu di edit html dengan cepat

Kode html template blogger termasuk rumit karena banyak yang memiliki kemiripan. Mencari sebuah rangkaian kode tertentu dengan mengurutkannya bisa menjadi sesuatu yang membingungkan dan memakan waktu yang lama
serta menambah biaya penggunaan internet.
Setelah lama bergelut dalam dunia editing template blogger, saya mendapat petunjuk bahwa ternyata pada browser Mozilla Firefox juga terdapat fasilitas pencarian kilat yang sama dengan yang ada pada Ms Word.
Hal itu tersebut tentu lebih memudahkan dalam pengeditan template dan juga menghemat waktu, biaya, tenaga dan pikiran. Dengan fasilitas ini, kesulitan dalam editing template blogger akan berkurang hingga level 75% atau bahkan mungkin lebih. Itu menurut saya!
Fasilitas ini bisa digunakan untuk pencarian teks pada halaman web manapun.

Berikut ini saya sampaikan kepada Anda mengenai cara menggunakan fasilitas tersebut pada pengeditan template blogger / blogspot.

1. Log in ke akun blogger.

2. Setelah masuk ke akun blogger, kemudian klik menu "Rancangan" atau "Design"

3. Klik "Edit HTML" untuk masuk ke halaman pengeditan kode template (setelah back-up selesai).

4. Centang kotak kecil yang berada di sebelah kiri kalimat "Expand template widget". Fasilitas ini hanya dapat menemukan teks yang ditampilkan pada sebuah web, sehingga jika kode yang akan diedit tidak ditampilkan, maka kode tersebut tidak akan ditemukan.

5. Klik menu "Edit", letaknya pada bagian kiri atas browser dan sejajar dengan menu "File", "View", "History" dsb. Setelah itu klik "Find". Maka akan muncul search bar dibagian bawah browser. Atau agar lebih cepat bisa juga menggunakan shortcut dengan menekan tombol "Ctrl" dan "F" pada keyboard secara bersamaan.

6. Masukkan karakter yang akan dicari pada kotak pencarian. Penulisan karakter boleh tidak lengkap, tapi harus tepat, tidak boleh ada kesalahan sekecil apapun. Kesalahan tersebut misalnya adalah pemberian spasi yang seharusnya tidak ada, atau tanda yang seharusnya hanya single quotation (') tetapi ditulis double quotation (").
Sebaiknya copy karakter/ kode dari halaman yang digunakan sebagai acuan/ panduan pengeditan kemudian paste ke dalam kotak pencarian, jika dalam pengeditan menggunakan halaman panduan yang menampilkan kode yang harus dicari.

7. Jika karakter yang dimasukkan sesuai dengan yang ada pada kode template, maka kode yang ditemukan akan di block dengan warna hijau. Jika karakter yang diketik tidak sesuai, maka kotak pencarian akan berwarna pink.

8. Klik gambar panah berwarna hijau yang letaknya di sebelah kanan kotak pencarian untuk mencari karakter lain yang sesuai. Panah ke arah bawah untuk mencari ke bawah dan panah ke arah atas untuk mencari ke atas.

Agar lebih jelas, silakan dipraktekkan.

Terima kasih ..
Semoga bermanfaat ..


Sobat perlu baca yang ini juga:

2 komentar:

  • pelaut indonesia

    Saya masih pemula dalam dunia blogging, template yang saya gunakan mungkin berbeda...karena menu edit cepat atau quick edit sdh saya kasih centang pada blog saya, tapi kok ga ada tandanya pada tiap artikel, sehingga kalau mau edit postingan jadi terasa lebih lama...harus masuk dulu ke dashbor, daftar entry,,, dst.. kode html untuk quick edit apa ya...

    jawab
  • dion

    kalau quick edit mungkin bisa di coba dari edit entri gan...dan kalau mau cari kode html di postingan agan carinya dari edit html bukan dar compose...itu aj yg bisa saya jawab gan...

    jawab
  • Posting Komentar

    silahkan tinggalkan pesan !!!