Kekampus naik sepeda,why not?

S
EPENGGAL kalimat di atas adalah salah satu tren baru yang muncul setelah adanya Bike to Work, yang baru-baru ini menjadi gaya baru dalam bepergian, baik itu pergi bekerja atau kuliah ataupun pergi rekreasi.

Wacana Bike to work sebenarnya telah lama didengungkan. Namun, kurangnya sarana dan fasilitas yang menunjang bagi para biker adalah salah satu kendala besar dalam pengaplikasian Bike to Work atau Bike to Campus. Seperti masih minimnya jalan khusus yang diperuntukkan bagi para biker saat bersepeda di jalan, karena yang selama ini terjadi adalah banyak biker yang masih berebut jalan dengan kendaraan bermotor baik itu mobil, motor, truk, bus, atau bahkan dengan para pejalan kaki.

Kurangnya perhatian pemerintah terhadap kenyataan ini, mengakibatkan masih banyak orang yang belum mau mengganti gaya hidup berkendara kendaraan bermotor mereka. Namun, wacana Bike to Campus atau Bike On Campus ini merupakan salah satu alternatif jalan keluar guna membiasakan generasi muda untuk berkendara ke kampus dengan bersepeda. Selain untuk membiasakan diri bepergian dengan bersepeda, ada banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari Bike to Campus.

Dengan bersepeda ke kampus atau bersepeda di kampus kita bisa mengurangi pencemaran udara atau menekan angka polusi udara yang sudah sangat memprihatinkan akhir-akhir ini. Selain karena semakin banyaknya kendaraan bermotor yang bermunculan di muka bumi, yang menghasilkan gas C02 yang beracun, dan merusak lapisan ozon, hutan di bumi pun semakin banyak yang gundul akibat ulah orang-orang egois dan sangat tidak bertanggung jawab dengan menebang hutan sesuka mereka sendiri, tanpa adanya penanaman kembali pepohoan tersebut.

Manfaat selanjutnya dari bersepeda ke kampus atau bersepeda di kampus adalah kita menjadi sehat. Karena dengan bersepeda, semua otot dan organ tubuh kita menjadi bergerak dan menghasilkan keringat. Walau bagi sebagian orang, berkeringat adalah salah satu hal yang sangat dihindari karena bau atau pun membuat kita tidak nyaman. Namun, dengan berkeringat, kita malah bisa mengeluarkan racun atau toksin yang ada dalam tubuh kita. Sebuah hal sepele yang banyak manfaat bagi diri kita. Namun, sayang dihindari oleh sebagian orang.

Dengan bersepeda ke kampus, kita menjadi tidak tidur saat perkuliahan. Sebuah asumsi sederhana dari pernyataan ini. Jika kita berangkat kuliah dengan mengendarai kendaraan bermotor. Maka, di jalan kita akan merasa terbuai dengan hembusan angin yang menerpa kita, dan hal ini bisa mengakibatkan kita menjadi mengantuk dan pada saat perkuliahan berlangsung kita malah tertidur, dan perkuliahan yang kita ikuti menjadi tidak efektif.

Semisal pula kita berangkat ke kampus dengan mobil atau naik bus (angkutan lain), kita akan menunggu lama angkutan tersebut datang. Atau jika kita telah naik angkutan dan kita berdesak-desakan di dalam angkutan tersebut. Maka, bisa menghilangkan mood kita untuk kuliah sehingga saat kuliah kita menjadi malas.

Selain itu, dengan bersepeda kita bisa mendapat teman yang banyak. Karena pada saat sekarang semakin banyak komunitas sepeda yang beranggotakan banyak orang dari berbagai latar belakang pekerjaan atau usia. Nah, dengan bersepeda kita mendapatkan banyak teman dan kenalan baru yang beragam.

Dengan bersepeda ke kampus kita bisa menghemat biaya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap mahasiswa yang hidup di rumah kos. Karena dengan bersepeda ke kampus, bisa mengurangi jumlah pengeluaran mereka.

Nah, dengan banyaknya manfaat dari bersepeda itu. Mari, kita ubah gaya hidup kita yang suka berkendara kendaraan bermotor saat pergi bekerja ataupun pergi kuliah, karena selain menekan angka polusi udara, dengan bersepeda kita juga telah membiasakan perilaku hidup sehat dengan berolahraga sepeda setiap hari.

So, Bike to Campus..Why Not?



sumber : www.indeks-data.blogspot.com

Sobat perlu baca yang ini juga:

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan !!!