Ujian Tulis SNMPTN Dilakukan per Angkatan


JAKARTA - Penyelenggaraan ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 30 Mei-1 Juni mendatang akan menerapkan mekanisme baru.

Koordinator Penanggung Jawab Pembuat Soal SNMPTN 2011 Suparno menjelaskan, ujian tulis SNMPTN akan dilakukan di tempat terpisah sesuai tahun kelulusan peserta.

"Ini dimaksudkan untuk melihat perbandingan lulusan terakhir dengan tahun-tahun sebelumnya," kata Suparno di gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), akhir pekan ini.

Rektor Universitas Negeri Malang (UM) itu menjelaskan, timnya telah menyiapkan delapan set soal ujian SNMPTN yang untuk peserta lulusan 2011, serta enam set soal untuk lulusan 2009 dan 2010.

Suparno menjamin, tingkat kesulitan soal setara untuk tiap paket soal. Penyusunan soal, kata Suparno, dilakukan berlapis dan melalui seleksi ketat.

Soal-soal yang diujikan dalam SNMPTN berciri prediktif karena ujian tersebut bukanlah tes evaluasi hasil belajar. "Sebagai tes prediktif, diharapkan SNMPTN akan menjaring lulusan sekolah menengah atas (SMA) yang memiliki potensi terbaik untuk menempuh studi di PTN," katanya mengimbuhkan.

Ujian tulis SNMPTN akan mengujikan empat tes yakni tes potensi akademik, tes bidang studi dasar, serta tes bidang studi ilmu pengetahuan alam (IPA), dan ilmu pengetahuan sosial (IPS).

Sobat perlu baca yang ini juga:

2 komentar:

  • asuransioke

    salam sahabat, setuju saya diharapkan SNMPTN akan menjaring lulusan sekolah menengah atas (SMA) yang memiliki potensi terbaik untuk menempuh studi di PTN, oo... ia kedatangan Agan untuk bertukar link saya sangat hargai dan link sudah terpasang..... siip lah

    jawab
  • dion

    ia diharapkan kualitas manusia indonesia bisa di tingkatkan,dngan snmptn kita bisa tnjukkan ama ortu suatu kbanggan trsndiri bisa lulus dengan hasil sndiri tnpa kcurangan....

    siip,gan thanks ya...tapi bisa nggak buat nama anchor nya 'berawal dari mimpi' aja...
    sebelumnya thanks gan...

    jawab
  • Posting Komentar

    silahkan tinggalkan pesan !!!