Komputer Ancam Eksistensi Manusia


MICHIGAN - Co-founder Apple Steve Wozniak mengklaim bahwa teknologi komputer yang kian canggih semakin mengancam eksistensi manusia sebagai makhluk hidup.

Itu diungkapkan Wozniak ketika menerima gelar doktor kehormatan dari Michigan State University berkat sejumlah pencapaiannnya di industri komputer.

Kendati ikut 'membesarkan' industri komputer, Wozniak mewanti-wanti bahwa setiap kali muncul teknologi baru, komputer semakin mengancam keberadaan manusia.

Wozniak mengklaim bahwa artificial intelligence (AI) akan semakin menyerupai manusia. Komputer bisa menjadi 'sahabat' manusia, yang berbicara langsung kepada manusia serta mengetahui dan memahami lelucon yang dilontarkan lawan bicara.

Satu-satunya kelemahan AI adalah tidak adanya indera perasa manusia. Komputer tidak bisa menciptakan karya seni, jika tidak bisa merasakan hal-hal yang bisa dimengerti manusia, seperti tiupan angin di pantai.

Meski begitu, Wozniak mengingatkan bahwa komputer bisa mendengar, melihat dan merasakan gerakan.

"Kita telah menciptakan sebuah spesies baru, itu tidak perlu ditanyakan lagi. Kita adalah kreator (komputer) dan, seperti yang telah saya katakan, kita membuat keberadaan manusia menjadi kurang relevan," cetus Wozniak sebagaimana dikutip Tech Eye, Selasa (10/5/2011).

Sobat perlu baca yang ini juga:

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan !!!