Umat Katolik Peringati Paskah Jalan Salib

prosesi jalan salib
Ratusan umat katolik di Kota Makassar, Jumat, 2 April 2010 mengikuti jalan salib untuk mengenang peristiwa sengsara dan wafatnya Yesus Kristus. Pelaksanaan jalan salib tersebut dipusatkan di Sekolah Menengan Atas (SMA) Katolik Rajawali, kemudian melakukan konvoi di sejumlah jalan protokol di Makassar.
Pantauan VIVAnews, ratusan umat Katolik tersebut berkumpul di halaman SMA Katolik Rajawali. Setelah itu, mereka melakukan konvoi ke sejumlah Jalan seperti Arief Rate, Jalan Kajaolalido dan memutar kembali ke SMA Rajawali.
Sepanjang perjalanan tersebut, penderitaan Yesus digambarkan secara nyata. Yakni dipasung dalam sebuah salib besar, dicambuk hingga dipukuli oleh tentara Romawi, orang-orang yang tidak menerima ajaran Yesus kala itu. Para peserta jalan salib tersebut kemudian kembali ke halaman SMA Rajawali, yang diandaikan sebagai tempat terakhir, yakni Bukit Golgota.
Dalam proses jalan salib, ratusan umat kristiani menyampaikan doa-doa denan khusuk. Sebagian peserta jalan salib juga terlihat menangis karena merasa terharu dengan penderitaan Yesus, yang tetap mempertahankan ajarannya, meski mendapat penyiksaan yang cukup berat dari para tentara Romawi.
Pimpinan umat katolik, Pastor Andrianus Va Roy dalam sambutannya menyampaikan, agar para umat Katolik meneladani seluruh kisah Yesus. Dikatakannya, Yesus rela menjalani hukuman demi penebusan dosa.
”Gambaran ini bukanlah penyiksaan biasa. Melainkan sebuah pengorbanan Yesus yang begitu luar biasa, meski harus mengobrankan nyawa,” kata Pastor Andrianus di halaman SMA Rajawali Makassar, Jumat siang.

Sobat perlu baca yang ini juga:

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan !!!