Soal HAM, SBY Kalah Jauh dibanding Gus Dur

JAKARTA - Ketua Komnas Hak Azasi Manusia (HAM), Ifdhal Kasim menilai penegakan HAM saat ini mengalami erosi. Menurutnya, erosi penegakan HAM itu akibat maraknya aksi teroris dan politik global tak lagi membicarakan pelanggaran HAM.

"Yang ada solusi alamiah. Artinya orang dibiarkan lupa dalam kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu. Karena orang tak punya ingatan lagi soal ini. Terlebih-lebih pada (periode pemerintahan) SBY yang kedua ini, tak ada kebijakan untuk menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu," kata Ifdhal usai seminar Politik Hukum dan HAM Indonesia di gedung KY, selasa (26/4).

Ifdhal menambahkan, regulasi dan kebijakan eksekutif yang mendorong penegakan HAM hanya ada pada masa kepemimpinan almarhum Gus Dur. Namun seusai era Gus Dur, tak ada lagi politik penegakan HAM.

"Semua regulasi muncul dalam jaman itu (gus Dur). Periode Megawati hanya melanjutkan saja. Meski ada juga pembatasan," tuturnya.

Namun memasuki periode kepemimpinan Presiden SBY, praktis tidak ada kebijakan untuk menyelesaiakan kasus HAM. Ifdhal menyebut ada empat kasus pelanggaran HAM yang tidak ditindaklanjuti Jaksa Agung. Di antaranya adalah penculikan aktivis, tragedi Trisakti Mei 1998, Semanggi 1 dan 2 (TSS), serta kasus Talangsari.

Bahkan penyelidikan terhadap ke empat kasus tersebut sebenarnya sudah selesai. Tetapi Kejaksaan Agung tidak mau menindaklanjutinya.

"Selalu beralasan bahwa belum ada rekomendasi dari DPR. Ini dibiarkan begitu saja. Dibiarkan alamiah saja. Dibiarkan orang lupa. Internasional juga tidak lagi mengungkit hal ini. DPR juga amnesia," tegasnya.

Ifdhal pun menilai fenomena ini menunjukkan politik hukum Indonesia berbalik menuju ke arah yang represif. "Kami tidak akan berharap presiden mengeluarkan Keppres terkait rekomendasi DPR soal orang hilang. Sampai sekarang presiden tidak menggubris itu. Mempersulit kita dalam konsolidasi demokrasi. Dalam konteks ini mau tidak mau kita harus memelihara harapan," tandasnya.

Sobat perlu baca yang ini juga:

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan !!!