Siswa SMK Dihukum tak Boleh Ikut UN.

Purwekerto,Gara-gara mencuri helm, Hasil Sarifan (17), siswa SMK Giripuro Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas, tak dibolehkan ikut ujian nasional oleh pihak sekolah. Kesal dengan kebijakan pihak sekolah tersebut, Sunarto, wali siswa tersebut mengadu ke DPRD Banyumas, Sabtu (16/4).

Menurutnya, sebelumnya Hasil memang telah mengambil helm milik teman sekolahnya. Peristiwa itu, terjadi Sabtu (9/4) lalu. ''Persoalan itu sebenarnya sudah bisa diselesaikan setelah helm yang diambil Hasil dikembalikan pada pemiliknya. Namun setelah penyelesaian masalah itu, tiba-tiba pihak sekolah melarang Hasil ikut ujian,'' katanya.

Bahkan disebutkan Sunarto, pihak sekolah juga meminta orangtua Hasil, Ngadimin, agar anaknya mengajukan pengunduran diri sebagai siswa sekolah tersebut. Karena lupa bahwa sebentar lagi anaknya akan menghadapi ujian, Ngadimin pun menurut.

Bahkan yang lebih mengesalkan Sunarto, pihak sekolah juga meminta Ngadimin untuk membayar uang tanggungan anaknya yang belum dibayar sebesar Rp 2,5 juta. ''Anehnya lagi, dari uang yang harus ditanggung Ngadimin tersebut, Rp 1 juta di antaranya disebutkan untuk biaya Ujian Akhir Nasional (UAN),'' jelasnya.

Anggota Komisi D DPRD Banyumas Yoga Sugama SE, yang menerima pengaduan tersebut, mengaku sangat menyesalkan pihak sekolah dan yayasan yang telah bersikap sewenang-wenang dengan tidak memberi kesempatan pada Hasil untuk mengikuti UN.

''Kasihan Hasil yang sudah tiga tahun sekolah terpaksa tidak bisa mengikui UN hanya karena mengambil helm temannya,'' kata Yoga. Dikatakan Yoga, soal kesalahan yang dilakukan Hasil memang perlu diselesaikan. Namun seharusnya tdak menjadikan siswa tersebut dilarang mengikuti UN.

Untuk itu, Yoga menyatakan, Hasil tetap harus ikut ujian. ''Saya sudah memberi surat resmi pada pihak sekolah dan Dinas Pendidikan Banyumas, agar Hasil tetap diizinkan mengikuti UN. //Wong// yang di penjara saja tetap diizinkan mengikuti UN, ini yanng persoalannya sudah selesai kok dilarang mengikuti UN,'' katanya.

Sumber : http://www.republika.co.id/

Sobat perlu baca yang ini juga:

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan !!!