Menanggulangi Stress melalui Kebiasaan Sehat

Biasanya ketika sobat udah ngrasa stress,yg sobat lakukan adalah melakukan aktivitas lain yang cenderung menghibur, seperti menonton televisi, bermain video game, hingga berjalan-jalan di taman.

Namun sebenarnya, stress tak bisa lepas sepenuhnya hilang, dan akan terus ‘datang’ setiap kali seseorang mulai berpikir dengan keras. Bisa jadi, stree merupakan salah satu proses untuk pendewasaan diri. Meski begitu, stress yang dibiarkan saja akan menjadi 'penyakit' bagi sobat. Oleh karena itu, guna mencapai tubuh yang senantiasa terhindar dari stress, sobat perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat berikut ini.

1. Tinggalkan Kebiasaan Buruk

Cara menanggulangi stress pertama-tama adalah mengurangi atau bukan berhenti dari terlalu banyak mengkonsumsi alkohol maupun merokok. Jika sobat merasa tiada hari tanpa merokok atau aktif mengkonsumsi minuman beralkohol, hentikanlah saat ini juga dan mulailah hidup sehat. Bukan hanya kesehatan sobat yang jadi ancaman, tetapi kecanduan alkohol dan rokok jelas hanya menimbulkan stress baru.

2. Lakukan Aktivitas Fisik

Selain menyehatkan tubuh, cara menanggulangi stress yang lain adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, karena latihan ini dapat mengurangi ketegangan fisik dan mental sobat. Orang-orang yang aktif secara fisik akan memiliki resiko lebih rendah mengalami stress serta kehilangan fungsi mentalnya. Selain itu aktivitas fisik seperti bersepeda, berjalan, menari, berenang atau berolahraga lain juga dapat menjadi sumber kesenangan, sehingga sobat terhindar dari stress.

3. Lebih Teratur

Bila sering kelimpungan saat melakukan berbagai tugas sehari-hari, Sobat dapat mencoba untuk terlebih dahulu membuat daftar apa yang harus dilakukan sesuai dengan prioritasnya. Ikuti tugas-tugas dalam daftar tersebut sesuai dengan urutannya dan jangan lakukan hal-hal yang tidak ada dalam daftar agar hidup Sobat lebih teratur. Keteraturan jelas tidak akan membawa kerumitan, sehingga keteraturan menjadi cara menanggulangi stress selanjutnya.

4. Menerima Hal-hal yang Tak Bisa Diubah

Hilangkan pikiran bahwa Sobat terlalu tua atau terlalu lemah untuk melakukan sesuatu. Cobalah untuk menerima keadaan dan berusaha untuk melakukan berbagai kegiatan sesuai kemampuan Sobat, terutama hal-hal baru yang menyenangkan dan menantang. Buktikan bahwa Sobat mau berusaha meskipun kemampuan Sobat terbatas. Pola pikir seperti ini juga dapat menjadi cara menanggulangi stress yang cukup ampuh.

5. Berkomunikasi

Keluarga dan teman-teman adalah aset yang berharga, karena dapat menjadi obat yang penting untuk melawan stress. Bagilah segala perasaan, harapan serta kesenangan Sobat dengan teman-teman dan keluarga. Bila tidak bisa membaginya secara langsung, Sobat dapat memanfaatkan teknologi dengan cara menelepon, SMS, chatting, maupun menyebarkannya di situs-situs jejaring sosial. Hal ini karena berkomunikasi dapat menjadi cara menanggulangi stress. Beberapa orang bahkan lebih tertatur jalan pikirannya setelah menceritakan keluh-kesahnya pada orang lain.

6. Cukup Istirahat

Selanjutnya, isitirahat tentu jadi cara menanggulangi stress paling mudah. Cukup dengan tidur sejenak, menarik napas, panjang, atau apapun yang Sobat lakukan sebagai cara beristirahat, akan sangat berguna bagi pemulihan stamina dan mengurangi stress. Agar lebih maksimal, vobalah tidur selama enam hingga delapan jam setiap malam untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan pikiran yang segar saat bangun di pagi hari.

7. Jangan Kuatir Berlebihan

Meskipun Sobat sedang terpuruk karena diputuskan oleh kekasih atau tugas kantor menumpuk, tetaplah berpikir dengan jernih, karena itu bukan akhir dari dunia. Kekasih akan kembali Sobat dapatkan kembali bila tetap berusaha dan tidak putus asa, serta tugas kantor akan selesai bila Sobat mulai mengerjakannya sedikit demi sedikit. Selalu melihat setiap kejadian dari sisi positif, akan menjadi cara menanggulangi stress yang mudah dipraktekkan tentunya.

8. Berusaha Untuk Memberi

Bila selama ini Sobat banyak dibantu oleh keluarga maupun teman, cobalah untuk membalas budi mereka atau balaslah dengan membantu orang lain yang membutuhkan. Bila keuangan terbatas, Sobat dapat menyisihkan waktu untuk mereka dan bantulah sesuai kemampuan. Tidak perlu memaksakan sesuatu yang Sobat tidak mampu lakukan, karena hal tersebut justru akan menambah beban pikiran. Dengan membantu orang lain dan melihat pancaran sinar kebahagiaan dari mereka, niscaya Sobat juga akan turut terbantu secara tidak langsung. Dengan kata lain, menerima dan memberi adalah cara menanggulangi stress yang dapat Sobat praktekkan.

9. Tertawa
Sobat ingat slogan “tertawalah sebelum tertawa itu dilarang?” Meski hal tersebut tidak mungkin terjadi ?kecuali di tempat atau acara tertentu? namun tertawa merupakan aktivitas yang dapat membuat perasaan Sobat menjadi lebih baik. Tertawa akan menghadirkan energi positif yang merangsang otak untuk melepaskan pemikiran-pemikiran negatif penyebab stress. Saat tertawa, tubuh Sobat juga akan menghasilkan hormon endorphine sebagai penenang alami yang akan memberikan rasa nyaman bagi tubuh dan pikiran, dan inilah alasannya belakangan dikembangkan terapi tertawa sebagai cara menanggulangi stress.

10. Bonus

Kalau masih Stress..Sobat telpon aja si dia sobat,minta ditemenin.. .

Sobat perlu baca yang ini juga:

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan !!!