Inti Semua Kebijaksanaan

Konon, ada seorang raja muda yang pandai. Ia memerintahkan semua mahaguru terkemuka dalam kerajaannya untuk berkumpul dan menulis semua kebijaksanaan dunia ini. Mereka segera mengerjakannya dan empat puluh tahun kemudian, mereka telah menghasilkan ribuan buku berisi kebijaksanaan. Raja itu, yang pada saat itu telah mencapai usia enam puluh tahun, berkata kepada mereka, "Saya tidak mungkin dapat membaca ribuan buku. Ringkaslah dasar-dasar semua kebijaksanaan itu."

Setelah sepuluh tahun bekerja, para mahaguru itu berhasil meringkas seluruh kebijaksanaan dunia dalam seratus jilid."Itu masih terlalu banyak," kata sang raja. "Saya telah berusia tujuh puluh tahun. Peraslah semua kebijaksanaan itu ke dalam inti yang paling dasariah.

Maka orang-orang bijak itu mencoba lagi dan memeras semua kebijaksanaan di dunia ini ke dalam hanya satu buku. Tapi pada waktu itu raja berbaring di tempat tidur kematiannya. Maka pemimpin kelompok mahaguru itu memeras lagi kebijak- sanaan-kebijaksanaan itu ke dalam hanya satu pernyataan, "Manusia hidup, lalu menderita, kemudian mati. Satu-satunyahal yang tetap bertahan adalah cinta."

***********************************************************
Tahukah Anda.



Pernahkan anda mengunjungi dan menggunakan search engine yang bernama Lycos. Dan sekali lagi, muncul pertanyaan, apa sih artinya Lycos? Lycos ternyata adalah potongan nama hewan. Tepatnya nama laba-laba. Lycos adalah potongan dari nama "Lycosidae", yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat bergerak sangat cepat.

Mengapa laba-laba? Karena Lycos menggunakan teknologi "spider", untuk menjelajah website (jaring-jaring situs). Spider di sini adalah terminologi internet untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan index banyak tempat dengan menjelajahi dan merekamnya satu persatu.

Satu laba-laba lain yang juga terkenal di Internet adalah : Inktomi, yaitu "spider" yang dipakai search engine Hot Bot. Inktomi adalah nama spesies laba-laba asal Amerika Selatan, yang sekalipun berukuran kecil, namun terkenal cerdik.

***********************************************************
Kata Bijak Hari Ini.


Kesalahan terbesar yang bisa dibuat oleh manusia di

dalam kehidupannya adalah terus-menerus

mempunyai rasa takut bahwa mereka

akan membuat kesalahan.

(Elbert Hubbard)


Lihat juga : Orang Besar Berpikir Besar
***********************************************************
Situs radio Trijaya FM Jakarta.
http://www.trijaya-fm.com
***********************************************************

Sobat perlu baca yang ini juga:

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan !!!