indonesia dan malaysia berunding???

BATAM — Pemerintah Malaysia selalu menghindar setiap kali diajak Pemerintah Indonesia berunding soal zona ekonomi eksklusif. Hal ini menjadi akar permasalahan setiap terjadi polemik pemanfaatan sumber daya perikanan dan kelautan di antara kedua negara bertetangga tersebut.
Demikian dikemukakan Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (Direktur Jenderal PSDKP KKP) Syahrin Abdurrahman di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (14/4/2011).

Kasus terakhir adalah penangkapan dua kapal ikan Malaysia oleh aparat KKP dan Badan Koordinasi Keamanan Laut di Selat Malaka, 7 April. Pihak Malaysia mempersoalkan penangkapan tersebut karena mereka mengklaim kapal masih berada di wilayah perairan Malaysia.

Menurut Syahrin, tidak ada masalah dengan batas kedaulatan negara antara Malaysia dan Indonesia. Batas kedaulatan negara diukur sampai radius 12 mil dari garis pantai.

Adapun untuk zona ekonomi eksklusif (ZEE) yang radiusnya 200 mil dari garis pantai belum ada kesepahaman di antara kedua negara. "Malaysia selama ini selalu menghindar setiap kali Indonesia mengajak berunding. Dalam ZEE terkandung hak pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan," katanya.

sumber : www.kompas.com

Sobat perlu baca yang ini juga:

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan !!!