Astra Agro Lestari Bangun Pabrik di Sulteng dan Kaltim

Jakarta - PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) akan membangun pabrik pengolahan kelapa sawit di Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur yang akan selesai pada 2012.

Direktur PT Astra Agro Lestari Tbk Santosa mengatakan, perseroan membangun empat pabrik. Dua pabrik di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Kedua pabrik ini akan selesai pada akhir 2011. Kapasitas produksi di pabrik Kalimantan Selatan sebesar 45 ton per jam dan pabrik di Kalimantan Timur 30 ton per jam.

Selain itu, perseroan juga membangun pabrik pengolahan kelapa sawit di Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur. Kedua pabrik ini akan selesai pada 2012. Investor Relation PT Astra Agro Lestari Tbk Yarmanto menuturkan, kapasitas kedua pabrik ini sebesar 45 ton per jam.

Proses pembangunan pabrik dilakukan selama 18 bulan. Saat ini, kapasitas pengolahan kelapa sawit perseroan sebesar 1.050 ton per jam.

Menurut Yarmanto, dana pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit berkisar US$12-14 juta, dan tergantung kapasitas produksi pabrik itu.
Dana pembangunan pabrik tersebut akan berasal dari dana internal.

Perseroan diperkirakan menganggarkan belanja modal sebesar Rp1,5 triliun pada 2011. Dana belanja modal 2011 akan berasal dari dana internal. "Biasa dana belanja modal untuk pembangunan prasarana dan sarana kebun Rp350-400 miliar dan untuk perawatan sebesar Rp700-800 miliar," tutur Yarmanto.

Santosa mengatakan, komponen dana belanja modal terbesar digunakan untuk perawatan tanaman belum menghasilkan khususnya untuk pupuk. Dana belanja modal lain juga dianggarkan untuk pembangunan empat pabrik.

Seperti diketahui, perseroan mencatatkan laba bersih sebesar Rp654 miliar atau naik 140% pada kuartal pertama 2011.

Sobat perlu baca yang ini juga:

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan !!!