Akibat Jika Tubuh Terlalu Capek

Jakarta, Tubuh yang lelah atau capek bisa disebabkan banyak faktor, seperti kebanyakan aktivitas, jam tidur kurang, stres, depresi, pengaruh cuaca, penyakit tertentu hingga banyak pikiran yang bisa menimbulkan tekanan bagi tubuh.

Jika sudah seperti itu, berikan tubuh waktu untuk istirahat lahir dan batin. Karena tubuh yang terlalu capek akan punya efek negatif.

"Dengan melakukan beberapa perubahan dan beristirahat umumnya rasa lelah dan capek akan berkurang, tapi jika gejala tersebut masih ada sebaiknya konsultasikan dengan dokter," ujar Dr Fryhofer, MD seorang dokter penyakit
dalam di Atlanta, seperti dikutip dari AOLHealth, Jumat (11/2/2011).

Dr Fryhofer menuturkan untuk mengatasi tubuh agar tidak mudah capek seseorang disarankan untuk membuat perubahan dalam gaya hidupnya setiap 2-3 minggu sekali, mengonsumsi makanan yang sehat, mengonsumsi multivitamin jika sedang banyak aktivitas serta mengurangi konsumsi kafein dan alkohol.

Ada beberapa efek yang timbul jika tubuh dan pikiran sedang capek:

1. Tubuh menjadi lemah dan kadang disertai dengan sesak napas
2. Daya tahan atau kekebalan tubuh yang menurun sehingga mudah terkena penyakit menular seperti flu atau batuk
3. Menurunnya tingkat konsentrasi dan perhatian pada suatu hal yang mungkin dipengaruhi oleh kurangnya asupan darah dan oksigen ke otak
4. Berkurangnya nafsu makan karena menurunnya kemampuan indera perasa
5. Sering menguap dan timbul rasa kantuk


Jika rasa capek yang muncul bukan karena adanya faktor medis atau penyakit, maka melakukan istirahat cukup dan olahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan tidak mudah capek. Tapi olahraga yang dipilih sebaiknya jangan yang terlalu berat, misalnya dengan bersepeda, joging atau jalan disekitar rumah.

Apabila tubuh dan pikiran sudah terasa lelah dan capek, sebaiknya berikan waktu bagi tubuh untuk mengisi energi kembali misalnya dengan melakukan tidur sejenak, melakukan meditasi atau mengonsumsi beberapa makanan yang bisa memberikan energi bagi tubuh.

Sobat perlu baca yang ini juga:

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan !!!