20 Langkah menuju hidup bahagia.

Sobat,hidup bahagia itu sangat indah...dan sangat murah,tapi juga bisa sangat mahal...kenapa???sangat murah karena semua orang bisa mendapatkannya ( asal dia mau ) tapi juga sangat mahal karena tidak dapat di beli dengan uang ( materi )

di sini saya akan paparkan 20 langkah praktis untuk anda mencapai kebahagiaan,
silahkan anda simak dan tanyakan pada diri anda pertanyaan ini.

  1. Apakah saya termasuk orang yang bahagia??
  2. Langkah mana yang sudah saya lakukan sehingga saya bahagia?
  3. Apakah orang di sekitar saya juga sudah bahagia?
  4. Apa yang harus saya lakukan untuk mencapai kebahagiaan??

berikut ini adalah 20 langkah yang sudah saya janjikan tadi :

1. Hiduplah di hari ini

Masa lalu takkan bisa kembali dan muncul lagi. Sedangkan masa depan selalu penuh ketidakpastian. Untuk itu,hiduplah untuk hari ini. Lakukan yang terbaik yang hari ini bisa dilakukan.

2. Temukan Tujuan

Hidup adalah sebuah perjalanan.untuk itu, seperti lazimnya melakukan perjalanan, persiapkan diri dengan segala perlengkapan seperti peta. Termasuk dalam hal ini yaitu menentukan arah dan tujuan tersebut.
Untuk menemukan tujuan,bertanyalah pada diri sendiri.kenalilah segala kemampuan dan kekurangan diri untuk menghasilkan identifikasi pada apa yang ingin dicapai dan ingin menjadi seperti apa. Sekali hal ini berhasil ditemukan, makaperjalanan niscaya akan lebih terarah.

3. Menjaga keseimbangan

Hidup setiap orang dipengaruhi oleh 4 aspek penting, yaitu otak atau pikiran, emosi atau kejiwaan,nilai agama,dan fisik atau kondisi tubuh.
Belajar dan berlakuan bijak pada ke4 aspek tersebut.

4. Mudah memaafkan

Satu-satunya orang yang menderita saat tidak memberikan maaf pada kesalahan orang lain yaitu diri sendiri. Orang lain kebanyakan justru kerap merasa tidak peduli pada apa yang terjadi pada diri sendiri.karena itu,di tanamkan sikap pemaaf pada diri sendiri.

5. Menerima perubahan

Tak ada yang kekal dalam hidup ini. Dan setiap manusia hanya bias berusaha. Menerima setiap sendi perubahan merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kebahagiaan sesungguhnya.
Makin tinggi kemampuan diri beradaptasi,maka semakin mudah seseorang menerima setiap perubahan yang terjadi.
Lepas dari itu,menerima keadaan juga berati membuka peluang dan kesempatan lebih besar.

6. Mencari suasana baru

Dalam kesulitan, menarik diri untuk sementara waktu dan melihat masalah secara keseluruhan bias menciptakan peluang tersendiri. Sama halnya dengan melihat tempat atau mencari susasana baru. Hal seperti ini akan membuka mata dan akal bahwa ada banyak aspek yang bias di perhatikan selalin berkutat pada kesulitan.

7. Perbanyak membaca

Selain menerima setiap perubahan, salah satu sikap terbaik menghadapi masalah yaitu keinginan untuk terus belajar. Jangan pernah terpaku maupun terlena pada satu keadaan. Jadilah pribadi yang terus tumbuh dan lebih baik dari hari ke hari.cara paling gampang yaitu banyak membaca.

8. Saran orang lain

Pada taraf tertentu,membaca tidak bisa mengakomodasi derasnya perubahan yang terjadi. Dalam keadaan ini,hasrat belajar untuk meningkatkan kemampuan diri bisa dilakukan dengan berguru pada orang lain. Ingatlah bahwa tak pernah ada kata tua untuk belajar.

9. Tulislah

Salah satu aspek terbaik manusia yaitu kenangan-baik yang indah maupun yang buruk. Hanya saja, jangan pernah menunggu kenangan itu terjadi kembali. Sebaliknya, jadikan kenangan tersebut sebagai pelecut semangat untuk bangkitdari keterpurukan.
Dalam praktiknya buatlah catatan atau buku harian.
Tuliskan segala hal, termasuk kenangan baik dan buruk dalam buku itu. Sesekali waktu, baca kembali buku tersebut untuk mengetahui seberapa jauh perubahan yang telah terjadi.

10. Perkuat kenangan

Terkait menjadikan kenangan sebagai senjata, kemampuan seseorang untuk mengingat pada umunya akan makin menurun seiring dengan usia.
Untuk itu, perkuat hal ini dengan menyisipkan foto maupun video dalam buku harian.

11. Tetap tersenyum

Tak ada yang sanggup menerobos hati yang tenang dan terang. Bersikaplah bahagia tanpa pengecualian apapun dengan cara berbagi senyum dan tawa bersama orang lain.

12. Banyak memberi

Ungakapan klasik seperti “makin banyak memberi, makin banyak yang di terima”, ternyata tak pernah usang. Nilai manusia bukan terletak pada apa yang sudah di dapat,melaikan apa yang telah diberikan.

13. Bersosialisasi

Setiap orang membutuhkan orang lain untuk menilai diri sendiri.untuk itu,mengenali diri sendiri bisa dilakukan dengan cara bersosialisasi. Keuntungan tambahannya, cara ini bisa membantu menigkatkan kemampuan belajar dari orang lain.

14. Tua dan muda

Jangan pernah memilih dalam bersosialisasi, termasuk dalam factor usia. Bergaulah dengan mereka yang berjiwa muda untuk menemukan sesuatu yang baru. Tapi jangan lepas dari pergaulan dengan mereka yang lebih tua untuk mendapatkan nilai-nilai kebijaksanaan.

15. Menerima kesalahan

Jangan pernah takut untuk berbuat salah. Kebanyakan pribadi sukses telah melewati berbagai rintangan dan kegagalan. Faktanya, kebahagiaan sejati terpendam dalam kesalahan-kesalahan yang dilakukan di masa lalu.

16. Berhitung risiko

Hidup penuh dengan tantangan. Kenyataanya, dibalik tantangan terdapat kesempatan bagi seseorang yang ingin maju dan berkembang. Pada umumnya, makin besar tantangan, maka makin tinggi pula kemungkinan untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan.

17. Menangis

Dalam keadaan tertentu, menangis bias menjadi obat paling mujarab dalam mengantisipasi masalah dan perubahan.

18. Istirahat sejenak

Hargailah diri sendiri dengan memberikan bermacam ‘isentif’ seperti berlibur, menonton, dan sebagainya. Berlibur sejenak bias membangkitkan kembali energi yang telah terkuras.

19. Bekerja dengan cara cerdas

Kebanyakan mereka yang mengalami depresi terjadi lantaran tak memiliki kemampuan cukup untuk menghadapi masalah. Dalam artian lebih sempit, orang orang seperti ini tidak bekerja dengan cerdas, melainkan bekerja dengan keras.
Untuk itu jangan tempatkan segala sesuatu pada dirisendiri. Belajarlah untuk memberikan kepercayaan atau mendelegasikan tugas maupu meminta pertolongan pada orang lain. Meminta pertolongan bukanlah kelemahan.

20. Jadi diri sendiri

Tak ada cermin yang tak retak. Namun, tak ada cermin yang bias sama menggambarkan dua orang yang berbeda. Untuk itu, jadilah diri sendiri dengan tidak bersikap yang diinginkan orang lain.
Meski demikian, jangan menganggap pendapat orang lain tak berharga. Belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik tanpa kehilangan identitas pribadi.


Setelah sobat membaca ini,mungkin sebagian besar sudah sobat lakukan,tapi tidak juga bahagia,kenapa??
jawabannya ada pada diri sobat sendiri,cobalah kenali diri sobat sendiri sebelum sobat mulai mengenali orang lain.
Semoga artikel ini berguna.God Bless You

Sobat perlu baca yang ini juga:

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan pesan !!!